10 Maret 2012

Keyboard shortcut pada Window 7


Saat bekerja dengan komputer kita sering mengandalkan mouse untuk melakukan kegiatan tertentu, namun tahukah Anda bahwa dengan keyboard kita dapat melakukan beberapa pekerjaan lebih cepat dari mouse, berikut ini shortcut dengan mempergunakan keyboard pada OS windows 7 yang sebagian dapat juga dilakukan pada windows XP, sambil membaca artikel ini Anda bisa langsung mempraktekannya.
Bagi yang belum tahu tombol windows Anda bisa mendapatkannya pada barisan kiri bawah pada sebelah kiri bawah yang biasanya diapit diantara tombol Ctrl dan tombol Alt.
1. Windows + L , kombinasi ini untuk mengunci komputer yang telah diberi password.
2. Windows + R, Masuk pada menu Run untuk menjalankan aplikasi tertentu
3. Windows + E, Membuka jendela baru explorer
4. Windows + Home, apabila kita membuka banyak aplikasi sekaligus (multitasking) maka jendela yang tidak aktif akan di minimize, sedangkan jendela yang aktif akan tetap terbuka, klik kembali Windows + home, untuk kembali ke semula.
5. Windows + T, fungsi ini untuk membuka jendela kecil guna melihat aplikasi yang di minimize.
6. Windows + space, Selama menahan kombinasi tombol ini Anda dapat melihat/mengintip desktop, aplikasi yang aktif akan dibuat transparant
7. Windows + number, apakah Anda mem-pin banyak program pada taskbar, dengan kombinasi tombol ini maka Anda bisa menjalankan program yang sudah Anda pin secara cepat berdasarkan urutan peletakkan pin.
8. Windows + up atau Windows + down, fungsi ini untuk me-maximize dan meminimize jendela aplikasi yang terbuka dihadapan kita.
9. Windows + + atau Windows +-, shortcut untuk memfungsikan aplikasi magnifier, setelah aktif Anda bisa men-zoom + atau men-zoom – , pandangan ke komputer
10. Windows left atau Windows Right, left dan right yang saya maksud disini adalah tombol panah pada keyboard, left untuk memindahkan jendela kesebelah kiri dan demikian sebaliknya untuk windows + Right.
11. Windows + P, ini shortcut yang berguna bagi Anda yang mempergunakan multi monitor atau komputer + proyektor dalam kegiatan presentasi
12. Ctrl + shift + click, fungsi ini untuk menjalankan suatu aplikasi dengan hak penuh administrator
13. Alt + P , fungsi ini merupakan preview progam yang kita klik dengan menambahkan jendela baru pada explorer, walaupun pada mode view detail, suatu foto dapat kita lihat tampilannya dengan fungsi ini.
14. Alt + space + n, minimize windows
15. Alt + space + x, maximize windows
16. Alt + space + w, Resize windows.
17. Ctrl + clikck, cara singkat untuk berpindah dari satu jendela ke jendela lain pada suatu aplikasi, misalnya apabila kita membuka browser 3 atau lebih jendela baru sekaligus, kita dapat berpindah secara cepat dengan mengklik berulang ulang pada icon browser di taskbar.
18. Windows + Tab, task yang berjalan akan tampil berurutan pada desktop, tekan berulang kali untuk berpindah antar taskbar.
19. Windows + D, Menampilkan desktop
20. Windows + L, mengunci komputer/tampilan wellcome screen
21. Windwos + M, meminimize semua windows
22. Windows + E , membuka/menambah explore baru
23. Windows + R, menjalankan perintah Run
24. Windows + U, menjalankan Utility manager
25. Windows + F, menjalankan perintah search/pencarian
26. Windows + Break/pause, membuka system properties
27. Windows +…./hanya tombol windows, menjalankan start menu.
28. Alt + tab, berpindah antar taskbar
29. Alt + Esc, menampilkan aplikasi yang aktif pada desktop
30. Windows + F1, menampilkan menu help

Tidak ada komentar:

Posting Komentar