10 Maret 2012

5 Kebiasaan yang bikin kita sakit

Entah anda sadari atau tidak, terkadang kita mempunyai kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,  ada 5 hal yang perlu kita waspadai karena kuman yang dapat membuat anda sakit dan siap menyerang kita setiap saat dan kita cenderung  melupakan kelima hal tersebut, apalagi dengan ditambah kondisi cuaca yang tidak stabil seperti sekarang, apabila kita tidak bisa menjaga kondisi atau kondisi dalam keadaan lemah jangan heran kalo kita tiba-tiba jatuh sakit, yups….. biasakan mulai dari sekarang kelima hal ini :
1.     Tidak mencuci tangan setelah beraktifitas.
Aktifitas apapun, tentunya melibatkan tangan anda dengan benda. Dan disinilah kuman berpindah ketangan anda. Contohnya saja setelah buang air kecil, biasanya anda akan mengambil tisu dan langsung kabur melanjutkan aktifitas anda, sementara anda tak sadar bahwa ditangan anda kuman sedang bersantai. Kebiasaan buruk ini harus anda lepaskan. Pastikan anda selalu mencuci tangan anda dengan sabun setelah anda melakukan kegiatan, terutama yang berhubungan dengan hal-hal pembuangan dan kotoran. sekarang banyak kok sabun-sabun khusus buat cuci tangan yang mengandung antiseptic, jangan sayang untuk menyisihkan sebagian kecil uang kita demi kesehatan.
2. Mencicipi buah sample.
Bagaimana Anda bisa tahu dan memutuskan membeli jeruk di supermarket atau pinggir jalan jika rasanya saja Anda tidak tahu? Oleh sebab itu Anda memutuskan mengambil sepotong contoh sample buah demi mencicipi manis tidak buah yang akan Anda beli.
Dan tahukah Anda, bahwa buah yang sedang Anda pegang ternyata telah dipegang oleh lebih dari sepasang tangan orang asing ? Dimana Anda tak tahu kuman apa saja yang telah menempel ditangan-tangan mereka.
Bayangkan saja, apakah Anda mau memakan makanan yang telah dipegang tangan orang asing? tentu tidak kan ? kalo mau ya keterlaluan.
Ingat selalu waspada kuman yang mengancam alhasil perpindahan dari tangan ke tangan yang menyentuh buah-buahan tersebut. Masih ada cara lain mengetahui manis tidaknya buah yang akan Anda beli kok !
3. Menutup dengan tangan ketika bersin.
Secara reflek tatkala Anda bersin Anda langsung menengadahkan tangan dan menutupnya ke hidung Anda. Oo ow! ini adalah kebiasaan yang buruk dan berbahaya. Ketika bersin, kuman-kuman akan ikut keluar melalui air ludah yang kemudian menempel ditangan Anda. Anda dengan santai mengerjakan aktivitas dan tanpa sadar menyebarkan kuman-kuman tersebut.
Biasakan untuk memakai tisu saat Anda bersin. Segera buang tisu tersebut kemudian cuci tangan Anda dengan sabun agar kuman tak kembali pada tubuh Anda. Dengan kebiasaan bersih Anda ini, Anda akan terhindar dari kuman influenza.
4. Menggosok mata ketika gatal.
Adakalanya debu membuat mata serasa gatal, stop! jangan digosok! Ambil obat tetes mata untuk membuat mata kembali segar. Jangan digosok karena hal ini sangat berbahaya bagi mata Anda. Selain dapat mengakibatkan iritasi, banyak kuman juga akan berpindah dari tangan kemata Anda.
5. Bermain dengan hewan piaraan.
Hewan piaraan memang sangat lucu, Anda pun sangat menyayangi mereka, sampai-sampai rela berbagi tempat tidur dan kamar mandi dengan mereka. Kegemaran Anda memeluk dan bermain dengan hewan piaraan memang tak ada salahnya, namun ada satu hal yang Anda lupakan, Anda tidak mencuci tangan setelah seharian bermain dengan mereka.
Hewan piaraan tidak bisa menjaga kesehatan kebersihan dirinya sendiri, untuk itu Anda yang perlu menjaga kebersihan mereka. Dan Anda juga wajib selalu mencuci tangan dengan sabun setelah puas bermain atau beraktivitas bersama mereka. Banyak kuman dapat menular dari hewan piaraan walaupun hanya sebatas memegang dan membelai bulunya saja.
Pada intinya mencegah lebih baik dan lebih murah daripada mengobati kan ? Yuk mulai kebiasaan hidup sehat mulai dari sekarang !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar